Sisindiran Pantun Sunda yang Ada Di Kampung Halamanku

Terinspirasi dari tulisan teman saya Kartim “Sisindiran” Pantun Sunda sarat Nasehat jadi ingat masa kecil saya dulu. Setiap lebaran di kampung saya di Cimanggeng 1 Panulisan Barat selalu diadakan acara hiburan malam silaturahmi warga Cimanggeng. Acara ini dilaksanakan oleh Himpunan Pemuda Pemudi Cimanggeng 1 (HPPCI). Meskipun kampung halaman saya masuk ke Jawa Tengah tapi bahasa dan budaya nya adalah Sunda. Jadi pada acara silaturahmi tersebut suka ditampilkan kesenian sunda diantaranya Sisindiran, calung, reog dll. Acara hiburan tersebut terselenggara berkat dorongan dari masyarakatnya sendiri, untuk dana juga kami peroleh dari sumbangan donatur masyarakat. Di tiap RT di tunjuk beberapa orang untuk meminta sumbangan seikhlasnya.

Ketika saya kecil saya suka ikut meramaikan hiburan tersebut, yang diantaranya saya pernah ikutan dalam sisindiran. Heee... pas waktu itu kalo ga salah pas saya masih duduk di kelas 3 SD. Sebelum acara hiburan tersebut biasanya kita sudah latihan dari sebulan sebelumnya. Pelatih sisindiran itu mang Tarsim, ia adalah pelatih dari awal HIPPCI ada. Dia sangat berpengalaman dan berbakat dalam kesenian sunda, selain pandai bermusik dia juga pandai dalam berbagai kesenian diantaranya, ketuk tilu, sisindiran, calung, drama dll.

Sisindiran biasanya terdiri dari beberapa orang yang saling berkomunikasi dengan saling berbalas pantun. Biasanya ada seorang yang menjadi leader yang mengatur alur cerita dari sisindiran itu. Sisindiran biasanya diselingi dengan sisindiran lucu/bodor. Sayangnya saya lupa sisindiran pas saya tampil pada waktu itu, jadi ingin kembali ke masa lalu. Sekarang acara sisindiran sudah jarang sekali saya liat, apalagi di kota besar ga pernah ada lagi sepertinya acara itu.

Ini adalah video sisindiran:

Posting Komentar untuk "Sisindiran Pantun Sunda yang Ada Di Kampung Halamanku"