Sunat Khitan Anak Metode Klamp / Smart Clamp Murah di Cimahi dan Bandung

Khitan Anak Metode Klamp

Pada bulan Oktober 2021 saya dan istri melaksanakan sunat untuk anak saya. Ini adalah anak pertama saya jadi sunat ini adalah pengalaman pertama bagi saya dan istri. Istri saya mencoba mencari berbagai metode sunat antara lain sunat metode konvensional, sunat metode laser, sunat metode klamp. Yang jadi pilihan kami adalah sunat metode smart clamp atau metode klamp karena memiliki beberapa keunggulan.

Keuntungan sunat metode klamp

1. Durasi pengerjaan sunat lebih cepat.

Salahsatu alasan pemilihan metode sunat klamp ini adalah pengerjaan lebih cepat, waktu itu durasi tindakan anak saya hanya sekitar 15 menit. Hal ini membuat waktu lebih efisien dibandingkan dengan sunat metode lainya.

2. Tidak dijahit.

Kelebihan sunat metode ini tidak dilakukan penjahitan pasca operasi pada anak kita. Sunat ini hanya dilakukan pemotongan saya pada selaput kepala penis. Karena tidak di jahit maka akan meminimalisir rasa sakit yang dirasakan anak. 

3. Tidak mengeluarkan darah yang banyak.

Sunat metode klamp ini tidak mengeluarkan banyak darah karena luka bekas sayatan akan tertahan dalam cincin tabung klamp. Kemudian seperti yang di sebutkan di poin ke-2 sunat metodi ini tidak di jahit sehinggan meminimalisir pendarahan juga.

4. Perawatan lebih mudah.

Perawatan pasca operasi sunat metode klamp ini sangat mudah, setelah mandi anak saya cukup di rendam di air hangat yang sudah di campur antiseptic (detol). Setelah pipis juga cukup di siram pakai air bersih.

5. Bisa langsung beraktifitas.

Karena sunat ini menggunakan pelindung pada penis anak maka pasca operasi bisa langsung beraktifitas tanpa harus takut terkena gesekan. Luka sayatan akan terhalang oleh alat klamp.

Mencari Tempat Khitan Murah di Cimahi dan Bandung

Setelah menentukan metode khitan kemudian istri saya mencari tempat khitan yang recommended di daerah Bandung dan Cimahi. Untuk metode sunat klamp rata-rata biaya yang harus dipersiapkan adalah sekitar 1.200.000 sd 3.000.000. Harga ini tergantung tempat khitan dan fasilitas yang didapat oleh kita contoh durasi bius lebih lama, foto dokumentasi saat khitan dll. Biaya yang harus dikeluarkan cukup besar jika dibanding metode sunat konvensional yang bisa kita dapatkan dengan harga 400.000 an. Setelah mencari berbagai referensi istri saya menemukan klinik khitan di Cimahi yang harganya lumayan murah. Klinik tersebut yaitu Klinik Khitan Kota Mas, yang berlokasi di Jl. Kota Mas VIII Jl. Pasar Atas No.5, Padasuka, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat. Ini bukan iklan loh ya, saya berdasarkan pengalaman pribadi saja. Untuk lokasinya silahkan cek di maps



Harga khitan di Klinik Khitan Kota Mas dengan metode klamp adalah Rp. 800.000 (harga Oktober 2021).

Kelebihan sunat di klinik khitan Kota Mas

  1. Waktu fleksibel karena kita bisa menentukan sendiri jadwal yang pas, bisa di pagi hari atau di sore hari. 
  2. Ownernya sangat ramah, menjawab semua pertanyaan dan menjelaskan secara detail.
  3. Orangtua bisa mendampingi pada saat tindakan.
  4. Harga murah jika dibanding klinik sunat tempat lain.
Sunat metode klamp

Kekurangan sunat di klinik khitan Kota Mas

  1. Tempat berupa rumah, sehingga kalo lagi rame lumayan agak bingung nyari tempat duduk.
  2. Ruang tindakan berupa kamar kecil dengan 2 bed yang bersebelahan dan tanpa sekat. Kita bisa melihat langsung pasien di sebelah kita. Jadi kalo pasien sebelah nagis mungkin akan membuat pasien anak kita juga jadi takut dan nangis.

Perawatan pasca sunat

  1. Setelah sunat kita diberikan obat penghilang rasa sakit untuk 1 hari, karena obat bius hanya bertahan sekitar 4 jam.
  2. Setelah pipis langsung di siram menggunakan air bersih, saya sarankan menggunakan air kemasan. Waktu itu saya beli air minum Le Minerale.
  3. Setelah di siram air bersih langsung di tetesin Betadine.
  4. Untuk air mandi disarankan di campur dengan cairan antiseptic, waktu itu saya beli detol harga murah cuma 10.000

Perwatan sebelum lepas klamp

Lepas klamp ini dilakukan 4 hari pasca sunat. Satu hari sebelum lepas klamp saya disarankan oleh dokternya untuk merendam kemaluan anak menggunakan air hangat yang dicampur antiseptic, yang tujuanya agar bekas luka tidak menempel pada alat klampnya. Caranya gampang tinggal siapkan saja baskom berisi air hangat dengan ketinggian sekitar 10 cm, campurkan antisepticnya dan masukan anak ke baskom dengan posisi duduk di baskom dan kaki di angkat. Lakukan sekitar 10 sd 15 menit.

Perawatan setelah lepas klamp

Untuk melepas klamp prosesnya sangat cepat, tapi ini akan menimbulkan rasa sakit karena mungkin menimbulkan luka lagi yang sebelumnya sudah mengering. Tapi tidak masalah karena prosesnya cepat. Luka bekas operasi nantinya akan berubah menjadi agak putih seperti nanah, tapi itu tidak masalah. Dokter menyarankan untuk dijaga kebersihanya saja. Yang saya lakukan setiap setelah pipis dan mandi saya selalu tetesin betadine. Luka akan mengering setelah 1 minggu, tapi ini tergantung anaknya juga ya, saya sarankan sih jangan terlalu aktif. 

Mungkin itu saja sedikit pengalaman tentang sunat klamp

Posting Komentar untuk "Sunat Khitan Anak Metode Klamp / Smart Clamp Murah di Cimahi dan Bandung"