Harga Tiket Masuk Camping di Kawah Kamojang


Tahun 2019 saya pernah bahas mengenai kawah kamojang silahkan bisa di baca di sini. Wisata Kawah kamojang ini berlokasi di Mekarwangi, Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lokasi ini berbatasan langsung dengan kecamata Samarang Kabupaten Garut. Kamojang sebenarnya lebih di kenal lokasinya di Garut, tapi ternyata tempat wisatanya berada di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. 

Bulan Februari 2021 kemaren saya dan keluarga wisata kembali ke kawah kamojang, kalau sebelumnya hanya sekedar jalan-jalan saja, sekarang kami camping tapi tidak nginep. 

Kami berangkat pagi dari rumah dan sampai ke kawah kamojang sekitar pukul 10:00 WIB. Perjalanan dari rumah di Baleendah ke Kawah Kamojang sekitar 1,5 jam melewati Majalaya terus naik ke Ibun dan melewati jembatan kuning atau lebih di kenal Kamojang Hill Brige. Jalan dari Majalaya ke Kamojang melewati tanjakan yang lumayan terjal terutama sebelum Kamojang Hill Brige, tanjakanya memiliki kemiringan hampir 45 derajat. Jadi yang mau melewati rute tersebut harus mempersiapkan kendaraan yang benar-benar fit.

Setelah kamojang hill brige kita masuk ke kawasan Pertamina Geothermal, kalau dari arah Majalaya kita belok ke kiri untuk masuk ke kawasan wisata Kawah Kamojang. Tidak jauh dari jalan utama sampailah ke pintu gerbang tiket, di sana sudah ada penjaga.

Harga tiket masuk Rp. 9.500 per orang dan parkir mobil Rp. 15.000

Nampak dari jauh kawah kereta api

Kawah hujan, yang menyemburkan asap

Sampai di lokasi wisata Kawah Kamojang kami jalan-jalan dulu melihat beberapa kawah uap antara lain:

  1. Kawah manuk
  2. Kawah berecek
  3. Kawah hujan
  4. Kawah kereta api
Salah satu kawah yang unik menurut saya yaitu kawah kereta api, karena kawah itu menyemburkan uap yang besar dan tidak berhenti. Di kawah kereta api juga ada penjaga yang mempertontonkan keahlianya membunyikan uap tersebut dengan cara menempelkan potongan bambu di permukaan cerobong uap.

Bapak penunggu kawah kereta api beraksi dengan menempelkan
sepotong bambu ke cerobong kawah

Setelah selesai jalan-jalan kita langsung bangun tenda yang berlokasi tepat di atas tempat parkir kendaraan. Kami membawa makanan yang gampang di masak seperti daging slice, bakso, sayuran. Saran agar membawa kompor portable dari rumah karena kalau membuat pengapian agak sulit. Karena cuaca dingin jadi lebih enak makan makanan pedas, biar seger.

Lanjut memasak ala-ala korea seperti bakso, sayur daging slice dan kita mulai panggang. Lelah jalan-jalan di Kawah Kamojang langsung terbayar dengan makanan ala-ala korea. Saat itu musim hujan, sekitar jam 14:00 hujan mulai turun, untungnya tenda dan flysheet kami bisa menampung 7 orang, jadi alhamdulillah aman dari guyuran hujan.

Lokasi tenda ini dekat dengan tempat parkir dan tolilet, tepatnya berada persis diatas tempat parkir. Jadi bagi yang memerlukan toilet dan mushola kita tinggal turun ke parkiran.

Lokasi Tenda

Proses Masak

Masak-masak

Tips bagi Anda yang mau wisata ke kawah kamojang antara lain:

  1. Usahakan datang pagi karena kalau terlalu siang turun kabut dan hujan.
  2. Bawa pakaian hangat.
  3. Bawa makanan sendiri karena di sana tidak banyak pedagang.
  4. Untuk yang ingin camping ada beberapa lokasi yang bisa menampung bayak tenda, untuk lokasi yang saya gunakan ini di atas tempat parkir hanya bisa menampung kurang lebih 3 sd 4 tenda.
Sekian dulu, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Harga Tiket Masuk Camping di Kawah Kamojang"