Menikmati Keindahan Sunrise Point Bukit Cukul Pangalengan Bandung

 Sunrise Point Bukit Cukul Pangalengan

Dayeuhluhur.net Sunrise Point Bukit Cukul. Di masa PPKM Covid 19 semua tempat wisata, mall dan tempat umum lainya di tutup. Mungkin kita banyak yang sudah bosan berdiam diri di rumah. Berwisata merupakan salahsatu pilihan untuk mengobati kepenatan selama PPKM ini. Di akhir bulan Agustus 2021 ini PPKM sudah mulai dilonggarkan. Mall dan tempat umum sudah mulai di buka meskipun ada pembatasan. Pada pedagang dan toko-toko sudah mulai berjualan. Begitu pula dengan tempat wisata sudah mulai beroprasi kembali.

Karena sudah lama diem terus di rumah, saya dan keluarga memutuskan untuk jalan-jalan ke tempat wisata yang jaraknya tidak terlalu jauh. Kami memutuskan untuk pergi ke daerah Pangalengan Bandung Selatan. Seperti yang kita tahu Pangalengan merupakah dataran tinggi yang memiliki udara yang sejuk dan panorama yang indah. Banyak spot wisata di daerah tersebut antara lain kolam renang Camelia, Wayang Windu, Situ Cileunca, Bukit Cukul atau lebih dikenal Sunrise Point Cukul. 

Untuk menikmati sunrise di cukul kami berangkat pagi sekitar jam 04:30 dari daerah Baleendah Bandung dengan waktu perjalanan ke daerah Pangalengan menggunakan mobil kisaran 1 jam. Untuk menikmati sunrise di cukul disarankan sampai ke sana sekitar jam 05:00 pagi, jadi untuk warga kota Bandung saya sarankan berangkat sekitar jam 03:00 atau 03:30 pagi. Saya berangka kesiangan jadi sampai ke lokasi sekitar jam 05:30 jadi suasana sudah terang. 

Sunrise point cukul


  • AKSES KE SUNRISE POINT CUKUL

Untuk datang ke sunrise point Cukul apabila anda datang dari luar kota gerbang tol terdekat adalah gerbang tol soreang, waktu perjalanan ke sunrise point cukul dari gerbang tol tersebut sekitar 1 jam 25 menit (source google maps). Dari gerbang tol soreang kita langsung berjalan menuju daerah Banjaran kemudian belok kanan ke arah Pangalengan.

Opsi lain Anda bisa akses lewat Tol :

  • Tol Mohammad Toha kemudian ke daerah Dayeuhkolot, Baleendah dan Banjaran kemudian meneruskan ke Pangalengan.
  • Tol Buah Batu, Bojongsoang, Dayeuhkolot, Baleendah dan Banjaran kemudian meneruskan ke Pangalengan.

Sunrise Point Bukit Cukul Pangalengan

Perjalanan dari daerah Cimaung, Banjaran ke Pangalengan kita akan disuguhkan jalanan berkelok. Jalanya tidak terlalu besar, aspal mulus tapi agak beberapa spot yang bergelombang. Untuk jalan dari Pangalengan ke Sunrise Point Cukul jalanan sangat mulus, sempit tapi kita akan disuguhkan dengan pemandangan kebun teh yang sangat indah. Waktu tempuh dari pertigaan pangalengan ke Sunrise point cukul sekitar 30 menitan.

Sunrise Point Bukit Cukul Pangalengan

Apabila kita sudah melewati daerah Situ Cileunca tandanya kita sudah dekat dengan lokasi Sunrise Point Cukul.  Kita akan menyusuri jalanan yang lumayan sempit jadi kita harus sangat berhati-hati, ditambah lagi dengan tikungan tajam.

Apabila kita menemukan Villa Tua yang dinamai Villa Jerman tandanya kita sudah sampai ke lokasi Sunrise Point Cukul. Villa ini menurut info adalah villa peninggalan jaman penjajahan Belanda. Banyak mitos menyeramkan tentang villa tersebut.

Sunrise Point Bukit Cukul Pangalengan

Sunrise Point Bukit Cukul Pangalengan

Di sebelah villa Jerman terdapat sebuah danau kecil, danau ini berada di sebelah jalan masuk ke area sunrise point. Danau yang sangat indah dengan air yang sangat jernih, membuat kita terpesona melihatnya. 

Dari jalan raya dekat villa Jerman kita masuk ke jalan kecil yang hanya menggunakan batu (tidak diaspal). Jalanya lumayan bergelombang dan hanya cukup untuk 1 mobil, sehingga kalo kita berpapasan di tengah-tengah harus ada salahsatu mobil yang mundur karena memang sebelah kanan kiri tidak ada space untuk kendaraan.

Sunrise Point Bukit Cukul Pangalengan

Sunrise Point Bukit Cukul Pangalengan

ampailah kita di tempat parkir, lahan parkir ini tidak terlalu besar mungkin hanya cukup sekitar 10 mobil, kalau motor bisa menampung banyak. Area parkir masih berupa tanah, kalau hujan sepertinya akan kotor sekali karena berupa tanah merah.

  • TARIF PARKIR

Untuk parkir kendaraan disini di patok dengan harga yang lumayan mahal, antara lain
  • Sepeda motor Rp. 5.000
  • Mobil Rp. 10.000

Sebelah tempat parkir ada pintu masuk objek wisata juga yang lokasinya dekat dengan danau yang berada di sebelah villa. Di sana ada beberapa spot yang bisa kita gunakan untuk berfoto selfie. Tarif masuknya murah hanya sekitar Rp. 5.000

Sunrise Point Bukit Cukul Pangalengan

  • HARGA TIKET

Untuk harga tiket masuk ke lokasi sunrise point sangat murah hanya Rp. 10.000 per orang. Dari pintu tiket kita akan jalan ke atas, jalanya menanjak berupa anak tangga. 

Sunrise Point Bukit Cukul Pangalengan

Sunrise Point Bukit Cukul Pangalengan

  • FASILITAS DI SUNRISE POINT CUKUL

Sampailah kita di puncak sunrise point cukul, di sini kita bisa melihat hamparan kebun teh. Kita bisa melihat ke arah Pangalengan. Apabila kita melihat ke arah bawah akan terlihat jalan yang berliku yang sebelumnya kita lewati dari arah Pangalengan.

1. SPOT FOTO

Di sini sudah disediakan ada sekitar 5 spot foto yang bisa pengunjung gunakan secara gratis, kita bisa berselfie ria sepuasnya. Spot foto berupa panggung kecil yang terbuat dari kayu.

Sunrise Point Bukit Cukul Pangalengan

Sunrise Point Bukit Cukul Pangalengan

2. WARUNG KOPI

Di sunrise point cukul ini tersedia warung kopi yang menyediakan berbagai macam makanan seperti mie rebus, kopi, snack, jagung bakar dll. 



Sunrise Point Bukit Cukul Pangalengan

4. AREA CAMPING

Untuk berkemah di lokasi sunrise point menurut keterangan dari penjaga parkir dikenakan biaya Rp. 40.000 per orang. Pengunjung bisa datang dari siang kemudian menginap sampai besok. 


5. SPOT SUNRISE
Di kalangan fotographer landscape lokasi sunrise point ini sudah sangat terkenal, karena sangat bagus sekali pemandanganya. Fotographer bisa mendapatkan gambar berupa hamparan kebun teh, kabut yang menyelimuti perkebunan teh. Untuk mendapatkan foto pada saat sunrise kita harus datang ke lokasi ini sekitar pukul 5 pagi. Kalau anda dari luar kota bisa juga berkemah di area ini. 




Itulah sedikit review tentang sunrise point cukul, kedepanya saya mungkin coba datang kembali ke sini dan berkemah supaya bisa menikmati suasana pada saat matahari terbit. 

Posting Komentar untuk "Menikmati Keindahan Sunrise Point Bukit Cukul Pangalengan Bandung"