Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membersihkan Piringan Cakram Sepeda Motor dari Noda dan Karat

 

Bahan logam besi sangat rentan sekali terkena karat, kusam apabila kita tidak rajin membersihkanya. Nah cakram atau disk brake pada motor adalah salahsatu part yang sering sekali kotor. Apabila tidak sering dibersihkan lama kelamaan cakram tersebut akan kusam. Apalagi kalau terkena air laut bisa-bisa karatan semua.

Piringan cakram sepeda motor di design dengan bahan yang tidak mudah berkarat, tapi kalau jarang di bersihin ya lama-lama akan kotor juga. Nah sekarang saya akan membahas tutorial cara membersihkan piringan cakram sepeda motor dengan modal yang murah

Alat yang harus disiapkan: 

  1. Amplas berbahan kertas dengan ukuran kekasaran 320, 600 dan 1000. Ukuran kekasaran amplas bukan patokan, silahkan sesuaikan dengan kondisi cakram anda.
  2. Autosol atau Batu Hijau atau bisa gunakan pembersih logam lain
  3. Paint remover untuk cakram yang ada catnya
Pada tutorial ini saya membersihkan cakram motor Honda beat dan Yamaha scorpio, untuk cakram beat polos tanpa cat, sedangkan untuk motor scorpio ada cat warna silver. Cara pengerjaan sebagai berikut:
  1. Untuk cakram yang ada catnya (motor scorpio) harus di bersihkan dulu dari cat yang menempel dengan menggunakan PAINT REMOVER, mereknya banyak bebas mau pilih merek apa saja. Saya pernah coba paint remover merek nerever dan VIP. Oleskan paint remover dan gosok-gosok menggunakan sikat gigi sampe bersih.
  2. Setelah bersih amplas cakram dengan amplas paling kasar ukuran 320 sampai kotoran yang membandel bersih.
  3. Selanjutnya dengan amplas yang lebih halus yaitu ukuran 600, kemudian untuk menghaluskan gunakan amplas nomor 1000, gosok berulang sampai halus.
  4. Terakhir untuk mengkilapkan piringan cakram, gosok menggunakan pembersih logam contohnya autosol, batu hijau dll.
Untuk lebih detailnya silahkan tonton video tutorialnya sebagai berikut:



Semoga berguna, terima kasih

Posting Komentar untuk "Membersihkan Piringan Cakram Sepeda Motor dari Noda dan Karat"