Harga Tiket Rp. 3.000 Wisata Murah ke Museum Geologi Bandung

Saya merantau ke kota Bandung dari 2002, tapi baru tahun ini Januari 2020 saya bisa masuk ke Museum Geologi Bandung. Agak konyol memang setelah 18 tahun menetap di Bandung tapi belum pernah masuk museum itu.

Sebenarnya sudah sangat lama saya ingin berkunjung ke museum ini, tapi sepertinya niat kurang kuat. Nah setelah punya anak di seriusin nih datang langsung ke Museum Geologi ini sekalian ngasuh anak.

Museum Geologi ini berada di pusat Kota Bandung, tidak jauh dari gedung sate paling sekitar 300 meteran. Terletak di Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat, lokasi ini sangat gampang untuk diakses. Saya cantumkan google maps ya silahkan di cek. 


HARGA TIKET Januari 2020

  • Umum Rp. 3.000
  • Wisatawan asing Rp. 10.000
  • Pelajar Rp. 2.000

JADWAL OPERASIONAL
  • Senin sd Kamis jam 08:00 sd 16:00
  • Sabtu sd Minggu jam 08:00 sd 14:00
  • Hari Jum'at dan libur nasional tutup

Museum Geologi ini menyimpan berbagai jenis batuan yang ada di dunia, khususnya di Indonesia. Banyak sekali jenis-jenis batuan yang bagi kita orang awam akan merasa asing, terus terang saya juga baru biat batu nikel, tembaga, batubara, emas dll. Dijelaskan pula sejarah terbentuknya batuan tersebut. 


Selain menjelaskan batuan, disana dijelaskan juga mengenai struktur tanah, jenis-jenis air, simulasi gempa, dampak gempa di tiap jenis tanah, letusan gunung berapi dll. Sebenarnya ada 1 tempat lagi yang sendag ditutup yaitu wahana Dinosaurus, menurut bapak satpam sedang ada perbaikan. Awal Februari 2020 sepertinya sudah buka lagi. 

Lokasi ini banyak dikunjungi oleh sekolah-sekolah karena memang museum geologi ini mungkin berhubungan dengan materi pelajaran yang ada di sekolah. 

KEKURANGAN
Kekurangan museum geologi ini versi saya:
  1. Tempatnya kecil, kebetulan saya datang ke sana pas berbarengan dengan anak sekolah yang sedang berkunjung. Wah jadi penuh sesak di dalam ruangan jadi kurang nyaman. 
  2. Pencahayaan di ruangan sepertinya di setting gelap, karena untuk memunculkan detail jenis-jenis batuan yang di sorot lampu agar terlihat mengkilap. Tapi terasa tidak nyaman karena ruangan terkesan gelap banget.
  3. Tempat sampah terbatas, sehingga saya liat ada pengunjung yang ngasal buang sampah sembarangan.
TIPS
Tips mengunjungi museum geologi versi saya:
  1. Datanglah di hari libur sabtu/minggu karena kunjungan sisa sekolah lebih sedikit dibanding hari biasa.
  2. Bawa minuman dan makanan kecil karena di dalam gedung ga ada yang jualan.
Berikut saya lampirkan foto-foto jenis batuan:












Belum ada Komentar untuk "Harga Tiket Rp. 3.000 Wisata Murah ke Museum Geologi Bandung"

Posting Komentar

Komentar anda akan di moderasi terlebihdahulu. Silahkan kirim komentar dengan bijak, tidak mengandung unsur SARA dan SPAM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel