Gunung Panenjoan Puncak Panulisan Barat

Gunung Panenjoan tepatnya di Dusun Cimanggeng 1 Desa Panulisan Barat Kecamatan Dayeuhluhur Cilacap. Gunung Panenjoan ini sebenarnya bukan sebuah gunung, tapi hanya sebuah bukit yang berada sebelah utara Desa Panulisan Barat, tepatnya di Dusun Cimanggeng 1. Gunung Panenjoan sekitar 500 meter dari Balai Dusun Cimanggeng 1. Ketika saya kecil tempat ini adalah tempat main layang-layang, tempatnya sangat enak karena letaknya di tempat tinggi dengan pemandangan yang indah. Ke sebelah barat terlihat hamparan hutan dan sungai Cijolang yang merupakan perbatasan antara Jawa Barat dengan Jawa Tengah. 

Pas lebaran kemaren sekitar bulan September 2011 saya menyempatkan diri untuk main ke sana. Rasanya kangen ke masa-masa kecil, makanya saya menyempatkan untuk main ke sana, kebetulan juga ga terlalu jauh dari rumah saya, perjalanan naik motor sekitar 10 menit. Waktu itu saya pergi sama 3 orang temen saya, jalanan menanjak dan berbatu tidak berubah dari jaman dulu. Sepeda motor tidak sampai ke atas/puncak Gunung panenjoan, motor di simpan di kebun warga kemudian diteruskan dengan jalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai ke puncak. Yuk kita liat pemandanganya:

Sebelum sampe puncak, narsis dulu ah
 Pemandangan ke sebelah timur

Sebelah timur, ke arah perkampungan Cimanggeng

Terlihat dari kejauhan pesawahan di Panulisan Tengah

Pemandangan ke sebelah Barat

Terlihat pesawahan di daerah Kamuning



Pemandangan indah perbatasan Jawa Barat dengan Jawa Tengah



 Sekian dulu aja, jadi hayang balik ka lembur hehehehe

4 komentar untuk "Gunung Panenjoan Puncak Panulisan Barat"

Komentar anda akan di moderasi terlebihdahulu. Silahkan kirim komentar dengan bijak, tidak mengandung unsur SARA dan SPAM