Komunitas Dayeuhluhur On Forum (DOF) Serahkan Buku Mulok Sunda

Tulisan disadur dari: Peduli Bahasa Ibu. kliping Suara Merdeka, Senin 01 Juli 2013
Komunitas facebook lokal Dayeuhluhur On Forum (DOF) menyerahkan buku makalah pendukung pelajaran muatan lokal (mulok) Bahasa Sunda kepada UPT Disdikpora Kecamatan Dayeuhluhur pekan lalu di kantor UPT disdikpora Kecamatan Dayeuhluhur, Cilacap.

Pemberian buku mulok sebagai bentuk dukungan penuh dari komunitas atas adanya pelajaran Bahasa Sunda yang diajarkan di sekolah dasar Kecamatan Dayeuhluhur. Serah terima dilakukan oleh salah satu admin DOF, Sindu Irawan Fredyansah kepada Koordinatos Pengawas TK/SD UPT disdipora Kecamatan Dayeuhluhur bapak Basik SPd.


"Buku-buku yang diserahkan meliputi buku pelajaran Bahasa Sunda tingkat SD sesuai kurikulum Jawa Barat ditambah beberapa makalah dari Konferensi Bahasa Sunda sebagai referensi materi pelajaran" Ujar Sindu.

Koordinatir Pengawas TK/SD Dayeuhluhur, Basuki mengatakan "Kami telah berkonsultasi dengan Disdikpora Ciamis mengenai kurikulum Bahasa Sunda, namun rupanya ada materi yang agak sulit di terpakan di Dayeuhluhur. karena itu buku referensi seperti ini sangat dibutuhkan untuk bahan materi pengajaran yang sesuai dengan kondisi Dayeuhluhur" Ujar Basuki

Paling Barat
Pelajaran Bahasa Sunda mulai diajarkan di tingkat SD sejak tahun lalu, kerjasama antara UPT disdikpora Kecamatan Dayeuhluhur bersama komunitas Dayeuhluhur On Forum.

Sebagaimana diketahui bahwa Kecamatan Dayeuhluhur merupakan baguian wilayah Jawa Tengah yang berada di perbatasan paling barat yang kental dengan kultur sunda. 

Bahasa seharu-hari yang dipergunakan masyarakat adalah Bahasa Sunda, semtera matapelajaran bahasa daerah yang diajarkan di sekolah-sekolah adalah Bahasa Jawa sebab masuk wilayah Jawa Tengah. Akibatnya banyak sekali murid yang mengalai kesilitan karena memang bahasa ibu mereka adalah Bahasa Sunda

Dadang hermawan, penggiat kelestarian budaya lokal sekalgus pengumpul data sejarah Dayeuhluhur sejak zaman dulu daerah ini masih berupa kerajaan.

"Dayeuhluhur sebagai cikal bakal berdirinya Kabupaten Cilacap, buaya aslinya harus tetap lestari demi generai selanjutnya" ujarnya. (Abah Endom Kustomo, Tetua DOF warga Kecamatan Dayeuhluhur Cilacap)

Posting Komentar untuk "Komunitas Dayeuhluhur On Forum (DOF) Serahkan Buku Mulok Sunda"