Home » » Berbagai Macam Pekerjaan Yang Tergerus Zaman

Berbagai Macam Pekerjaan Yang Tergerus Zaman

Written By Anto TRD on Kamis, 05 Juni 2014 | 02.32

Teknologi yang semakin maju berakibat pada banyaknya perubahan yang terjadi di kehidupan manusia. Sejumlah pekerjaan yang dahulu digeluti oleh masyarakat dunia pun terkena dampak dari kemajuan teknologi itu, satu persatu pekerjaan yang dahulu menjadi primadona hilang bak tertelan bumi, jika ada pun pekerjaan itu berusaha bertahan dalam gerusan roda zaman yang melaju menuju era teknologi maju. Apa sajakah ? Dalam foto di bawah ini, sejumlah operator wanita bekerja menyambungkan perangkat komunikasi secara manual


Dahulu menyalakan lampu penerangan jalan dilakukan secara manual, tampak dalam gambar seorang pekerja di Finsbury Park, London menyalakan lampu taman dengan cara memutar bola lampunya, 7 Oktober 1935.


Sejumlah bocah menyusun pin bowling di sebuah arena bowling di stasiun kereta bawah tanah New York, 1909. Kini pekerjaan tersebut dilakukan oleh mesin secara otomatis.


Kemajuan telekomunikasi di era digital kini telah mengantarkan dunia berada di genggaman tangan anda. Tidak pada tahun 1960, untuk mengoperasikan komputer wanita ini harus menggunakan mainframe komputer sebesar itu.


Untuk mengoperasikan mesin uap dahulu manusia secara manual mengumpulkan batubara, kini semua digerakkan oleh mesin.


Untuk mengoperasikan lift dahulu anda memerlukan seorang operator, kini anda dapat melakukannya sendiri hanya dengan menekan tombol. Tampak seorang operator lift di Hotel Waldorf-Astoria membukakan pintu untuk seekor domba dan angsa.


Dahulu bocah laki-laki ataupun perempuan dapat saja bekerja untuk membantu orangtuanya, kini bila diketahui mempekerjakan anak sebuah perusahaan dapat diseret ke meja hijau dan diberi sangsi. Tampak pada foto, puluhan bocah laki-laki berprofesi sebagai penambang batubara di Pennsylvania, 1909 diabadikan oleh Lewis Hine. Hine merupakan seorang fotografer yang menggunakan kameranya untuk melakukan perubahan sosial di Amerika Serikat. Banyak karyanya sukses menjadi pendukung reformasi sosial, di antaranya memaksa lahirnya undang-undang yang melarangan mempekerjakan anak-anak di Amerika Serikat. 


Di tahun 1960, seorang sekretaris perusahaan selalu merekam jalannya rapat-rapat perusahaan, setelah itu mereka menuliskannya kembali menggunakan mesin tik manual agar dapat digunakan sebagai data tertulis.


Pada tahun 1940, perusahaan surat kabar di Amerika Serikat sangat berterima kasih kepada para penjaja koran yang setiap hari bangun pagi dan memulai rutinitasnya dengan menjual surat kabar di sejumlah tempat-tempat yang ramai.


Tahun 1947 di Kanada, para pengantar susu berjalan menyusuri kota dan singgah di sejumlah rumah yang telah menjadi pelanggan.


Sejumlah wanita bekerja sebagai tenaga pengetik di Unilever House di Blackfriars, London, September 1955. Mereka menggunakan sepuluh jarinya tanpa perlu melihat setiap tombol huruf yang ada di depan mereka.


Sebuah ilustrasi melukiskan profesi operator tata letak surat kabar di tahun 1950. Dahulu pekerjaan itu dilakukan secara manual, kini pekerjaan itu dilakukan dengan bantuan program-program tata letak di dalam komputer.


Dahulu di tahun 1937 untuk membaca karakter seseorang, ahli phrenologist sangat dibutuhkan. Dengan teknik membaca benjolan di belakang kepala anda akan mengetahuinya.


Di tahun 1960, bekerja sebagai pembersih kaca mobil adalah sesuatu yang menguntungkan, kini?


Menjadi pemain organ di tahun 1929 adalah sebuah keuntungan yang luar biasa, tak hanya gereja, gedung-gedung theater pun sangat membutuhkan. Seperti tampak di Davis Theater, Croydon.



Profesi teknisi rel kereta api pada abad lalu adalah profesi yang sangat penting dan dibutuhkan, dari dulu hingga sekarang pekerjaan itu dilakukan secara manual.


Para pekerja di Bulgaria membuat televisi di pabriknya yang berada di Sofia, 1962. Mereka melakukannya secara manual, kini semua dilakukan menggunakan mesin dengan kecepatan produksi yang cukup banyak.


Para pemotong es saat musim salju tiba begitu berperan dalam pekerjaan pembersihan jalan, kini pekerjaan itu dilakukan menggunakan kendaraan pendorong es.


Agar tidak menyumbat aliran sungai, sekelompok pria memilih bekerja sebagai tenaga pengangkut kotoran kayu yang kerap menutupi sungai di Colorado, 1939.


Dua wanita memilih bekerja untuk menjadi operator radio maritim, untuk mampu melakukan itu mereka disekolahkan ke akademi navigasi di Hamburg dan Bremen, setelah itu mereka kembali bekerja di kapal dagang Jerman di tahun 1956.


Dari pintu ke pintu itulah tugas seorang salesman sejak dahulu.


Pembersih manometer di menara mercusuar pada tahun 1945 di Perancis.


Para pekerja perakitan mobil Studebaker melakukan perakitan rangka mobil secara manual di South Bend, Indiana, 1946.


Callie Campbel, seorang gadis muda berusia 11 tahun bekerja sebagai pengumpul biji kapas yang dibayar harian di Potawatomie, Oklahoma, 1916.

Seorang penyampai pesan di tahun 1930 merupakan pekerjaan yang terhormat, seperti yang dilakukan oleh Mr. J. Anderson di Inggris pada tahun 1930. Profesi ini membutuhkan orang yang memiliki suara yang besar menggelegar.

Di Sussex, John Dobinson bekerja sebagai penjaga mercusuar yang dioperasikan secara manual di kawasan tebing Beachy Head pada tahun 1957. Tugasnya begitu penting bagi lalu lintas di perairan Sussex, bila lampu tidak menyala menjelang gelap atau saat berkabut ia pasti dipecat.
Genie Lee Neal membaca huruf telegram yang berlubang di kantor telegraf Western Union, pada bulan Juni 1943. Kini selain tak ada lagi yang mampu membaca enskripsi tersebut, telegram pun tak lagi ada.


Dahulu pemburu tikus dipekerjakan oleh jawatan kereta api yang ada di benua Eropa dan Amerika. Seperti yang tampak pada foto di atas, seorang penangkap tikus di Stasiun Euston menunjukkan tikus-tikus yang ia tangkap. Foto diambil pada 7 November 1939.

Bagikan Artikel Ini :

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan kirim komentar dengan bijak, tidak mengandung unsur SARA dan SPAM, komen akan di MODERASI terlebih dahulu

IconIconIconIconFollow Me on Pinterest
 
Support : Nomorcantikmu.com | Blog Motekar | Dayeuhluhur Page
Copyright © 2013. Dayeuhluhur Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger