Selamat datang di Dayeuhluhur Blog

Jaipong Dangdut (Pongdut) Di Dayeuhluhur

3comments

Jaipong dangdut atau biasa juga disebut Pongdut adalah campuran dari musik dangdut yang dipadukan dengan alat musik kendang (dalam bahasa sunda disebut gendang). Di Dayeuhluhur meskipun daerahnya masuk ke Jawa Tengah tapi dikarenakan budayanya adalah budaya suda makanya jaipong dangdut ini sangat populer. Acara jaipong dangdut ini dipentaskan di resepsi pernikahan, bahkan hampir disetiap pernikahan hiburanya rata-rata pongdut.

Di daerah saya di Dayeuhluhur khususnya di Panulisan acara resepsi pernikahan berbeda dengan di kota-kota. Kalau di kota itu acara resepsi pernikahan biasanya dilaksanakan hanya sekitar 3 jam yaitu dari jam 11.00 sd jam 14.00. Kalau di tempat saya acara resepsi pernikahan itu dilaksanakan siang jam 10.00 sd malam hari sekitar jam 12.00. Nah disepanjang waktu tersebut kesenian/hiburanya adalah pongdut. Jaipong dangdut terdiri dari musisi dan beberapa orang artis/penyayi, dimana kita bisa request lagu. Cara request lagunya unik, kita nulis permintaan lagunya di sebuah amplop yang didalamnya diselipkan sejumlah uang yang nominalnya sekitar 1000 sd 5000.

Ketika lagu kita dibacakan oleh MC dan dinyanyikan oleh artis nya, yang riquest lagu tersebut bisa naik ke atas panggung dan berjoget dengan artis pilihanya. Salah satu dampak negatif dari pongdut ini adalah sering terjadinya keributan antar sesama penonton. Maklum yang nonton anak-anak muda yang kebanyakan suka mabuk minuman keras. Makanya sempat acara pongdut ini dilarang oleh kepolisian karena seringnya terjadi keributan. Ini adalah contoh foto Jaipong dangdut diacara pernikahan:

Pongdut di panulisan

Pada siang hari rata-rata yang joget itu didominasi oleh bapak-bapak paruh baya, namun tidak sedikit juga anak muda yang ikut berjoget. Dan ini adalah contoh videonya, tariik maaaang:
Montesa Banjar


Laaaaah ngadenge gendang sok kalah hayang balik ka lembur hahahah, Hamil 3 bulan ah mang 5000 eun
Share this article :

+ comments + 3 comments

25 November 2012 21.55

coba mundut lagu
Dua kursi 10 rebueun

25 November 2012 21.59

Saat jumpa pertama lagi hits banget di kancah perpongdutan.

26 November 2012 00.04

jogeeed mangg

Poskan Komentar

Silahkan post komen anda

 
Support : Copyright © 2009. Dayeuhluhur - All Rights Reserved
Created by Creating Website Published by Mas Template
Modify by AntoTRD Powered by Blogger