Home » » Dayeuhluhur On Facebook (DOF), Ngarumat Lembur 2 :Tanam Ribuan Bibit Pohon, Hijaukan Gunung Dayeuhluhur

Dayeuhluhur On Facebook (DOF), Ngarumat Lembur 2 :Tanam Ribuan Bibit Pohon, Hijaukan Gunung Dayeuhluhur

Written By Anto TRD on Senin, 29 November 2010 | 01.44


Cilacap, CyberNews. Komunitas masyarakat Dayeuhluhur yang tergabung dalam komunitas jejaring sosial (Dayeuhluhur On Facebook/DOF) menggelar peringatan Hari Menanam Pohon Nasional di Desa Hanum, Kecamatan Dayeuhluhur, Minggu (28/11). Sebanyak 4.385 bibit pohon akan ditanam pada sejumlah tempat di kecamatan tersebut.

Panitia kegiatan, Hanum Sujana mengatakan penanaman pohon itu merupakan rangkaian kegiatan Ngarumat Lembur (merawat kampung halaman) Jilid 2 yang digelar DOF. Kami menerima ribuan pohon itu adalah dari sumbangan pohon dari Perhutani dan Dishutbun Cilacap. "Sebanyak 1.385 pohon langsung ditanam dalam kegiatan ini. Sisanya ditampung dulu di Bank Pohon," katanya.

Bibit pohon itu terdiri-dari beberapa jenis, yakni jabon, jati, petai, mangga, ketapang, sukun, picung (kluwak), dan salam, serta trembesi. Sebanyak 1.000 pohon picung dan 1.000 pohon trembesi merupakan sumbangan dari Perhutani wilayah Banyumas Barat. Sebagian diantaranya ditanam di Gunung Dayeuhluhur di desa tersebut.

Kegiatan itu bertujuan untuk memelihara kelestarian alam. Dia mencontohkan, pohon picung merupakan tanaman yang sangat bagus untuk konservasi air. Disamping itu, buah kluwaknya juga dapat dimanfaatkan untuk masakan. "Picung merupakan tanaman penyimpan air yang bagus," terangnya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Cilacap, Drs Suyono MM juga hadir dalam kegiatan tersebut. Menurutnya, penghijauan itu sangat diperlukan untuk mengatasi sedimentasi yang banyak terdapat di sub-Daerah Aliran Sungai (DAS) Citanduy. "Wilayah Dayeuhluhur ini sudah sangat banyak berubah dibanding beberapa tahun lalu. Dahulu daerah ini masih banyak berupa alang-alang. Sekarang, sekitar 60 persen wilayahnya sudah jadi hutan, baik milik Perhutani maupun hutan rakyat," katanya.

Dia mengungkapkan, dalam satu daerah minimal memiliki 30 persen hutan. Hutan tersebut sangat diperlukan untuk memelihara kelestarian alam dan konservasi air. "Kalau Dayeuhluhur sudah punya hutan sebesar 60 persen. Berarti sudah dua kali lipatnya dari ketentuan," katanya.

Kepala Desa Hanum, Anto menambahkan, warganya sangat antusias menanam pohon. Buktinya, ratusan warganya ikut bekerja bakti menata tanah dan membuat lubang tanam di Gunung Dayeuhluhur. "Kira-kira, ada 200an warga saya yang ikut kerja bakti," katanya. 

( Khalid Yogi /CN28 )


Bagikan Artikel Ini :

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan kirim komentar dengan bijak, tidak mengandung unsur SARA dan SPAM, komen akan di MODERASI terlebih dahulu

IconIconIconIconFollow Me on Pinterest
 
Support : Nomorcantikmu.com | Blog Motekar | Dayeuhluhur Page
Copyright © 2013. Dayeuhluhur Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger