Cara Mengatasi Apabila Akses Blackberry Terkena Pulsa Regular

Apabila anda bermasalah dengan terpotongnya pulsa regular  pada saat akses blackberry, berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu. Beberapa pengecekan apabila Blackberry terkena GPRS yang harus anda lakukan yaitu:

  • Buka menu Browser Push (Option- Browser Push),  pastikan Enable WAP Push harus dalam keadaan “uncheck”

 

  • Buka menu TCP/IP (Option- Adv. Option – TCP),  kosongkan APN atau isi APN dengan BLACKBERRY.NET


  • Pastikan untuk settingan browser menggunakan Internet Browser (Browser – Option – Browser Configuration) untuk default browser configuration pilih Internet Browser
 
 1.   
  •  Cek aplikasi Ubertwitter karena aplikasi ini yang paling sering menyebabkan terpotongnya pulsa, Network nya  pilih BIS (Blackberry Internet Service)



  • Pastikan di network setting > while roaming : off


Kalau belum bisa juga, coba yang ini:

  • Restart BB, pas masuk setelah restart langsung ke service book > cari provisioning [PROVISIONING] klik menu bb > view > klik menu bb > show hrt > klik menu bb > register now > abis dapat notif "your handled
  • Delete service book wap2 transport Caranya: Buka option - advance option - service book pilih wap2 transport tekan tombol BB dan pilih delete it. Setiap akan menggunakan aplikasi silahkan delete wap2 transportnya. wap2 transport akan kembali muncul jika restart/send service book/hrt ulang. charge pulsa GPRS muncul karena pada saat akses sever rim sdg down/high traffic sehingga menggunakan akses GPRS operator.Terima kasih.

Berikut Pengetesan aplikasi yang  tidak terkena GPRS. Handphone : Blackberry 8900 garansi TAM(javelin OS 5.0.0.411) on 2G (EDGE), Paket  : BIS UL Weekly

  • Yahoo Messenger
  • Blackberry Messenger
  • Browser
  • Twitter For Blackberry
  • UberTwitter
  • Facebook for blackberry    Viigo
  • Foursquare
  • Opera Mini
  • Blackberry App World
  • Kompas Launcher
  • Kompas Bola
Beberapa hal lain yang mempengaruhi munculnya biaya GPRS di blackberry antara lain:

Spesifikasi handset BlackBerry Device Resmi (Malifax/TAM) dengan Operator lain di luar negeri (AT&T,T-Mobile,Verizon,etc) sangat berbeda. Banyak handset dari operator lain yang sudah ditanamkan hidden application (aplikasi tersembunyi) yang apabila pelanggan mengaktifkan device tsb dengan simcard operator tsb maka akan mendapatkan SMS push yang mungkin free di operator tsb dan SMS itu sifatnya tidak kelihatan (tidak tampil di inbox). Tetapi spesifikasi device resmi disini tidak ada penanaman hidden application yang generate SMS spt itu. Bahkan device operator luar negeri tsb bisa melakukan update data spt data untuk calender yang membutuhkan refresh terus menerus dan ini menggunakan data GPRS non Blackberry . Dan tentu saja penggunaan GPRS ini dikenakan pulsa sebab tidak termasuk dalam paket unlimited BlackBerry yang free jika menggunakan apn BlackBerry.net.

Hidden application itu apa saja? Kami tidak bisa menyebutkan satu persatu sebab begitu banyak operator diluar negeri yang menciptakan hidden application untuk keperluan pemasaran operator tersebut. Hidden application tsb diciptakan untuk kemudahan pelanggan di operator tsb.

Misal BB kita ex T-mobile (di Inggris), maka sebenernya di BlackBerry itu udah di install program bawaan T-mobile untuk media komunikasi/info/kirim data si T-mobile ke BlackBerry tsb. media komunikasi/info/kirim data itu bisa via GPRS, bisa juga via SMS yg kalau si pemilik bb adalah pelanggan T-mobile, pasti biaya itu gratis.

Nah, berhubung BlackBerry nya dipake di Indonesia dan bbnya masih ada program aplikasi itu, jadi komunikasi antara bb dan T-mobile masih tetap berlanjut, tapi jadi ga gratis lagi karena providernya udah ganti jadi provider Indonesia (bukan T-mobile lagi ).

Lalu umumnya settingan standar dari provider bawaan luar negeri memang mengacu pada APN masing-masing provider tersebut. sebagai contoh,, Untuk pengguna gemini T-Mobile, settingan standar APNnya adalah : epc.tmobile.com. Hal tersebut harus diganti manual oleh pelanggan tersebut.

6 komentar untuk "Cara Mengatasi Apabila Akses Blackberry Terkena Pulsa Regular"

  1. dr mana cara cek aplikasi ubertwitter nya

    BalasHapus
  2. ^^
    caranya buka uber twitternya terus tekan menu BB pilih menu option, tekan next terus sampai muncul menu seperti gambar di atas mas

    BalasHapus
  3. thanks bro...tips yg keren

    BalasHapus
  4. kenape saya tak jumpe pun simbol uber tu? saya pakai 8900

    BalasHapus
  5. karena belum download.. wkwkwk

    BalasHapus

Komentar anda akan di moderasi terlebihdahulu. Silahkan kirim komentar dengan bijak, tidak mengandung unsur SARA dan SPAM