Home » , » Cara Upgrade OS Blackberry ke Versi 5.0

Cara Upgrade OS Blackberry ke Versi 5.0

Written By Anto TRD on Jumat, 19 Maret 2010 | 10.09

Tgl 18-03-10 saya coba iseng untuk upgrade OS (Operating System) Blackberry saya, biasa saya berguru ke Mbah Google dan akhirnya berhasil, pertimbangan saya daripada bayar ke konter HP mahal. Setelah dicoba sendiri ternyata gampang.


RIM pada tahun 2009/2010 realease OS versi 5 tapi masih dalam versi Leak/Beta/Percobaan. Apa itu OS Leak?? OS leak adalah OS yang belum resmi di realease oleh RIM untuk di luncurkan ke pasaran.


Sekarang muncul pertanyaan apakan OS leak ini aman?? Tidak ada yang bisa menjamin OS ini aman karena kita belum tahu apakah OS ini sudah siap diluncurkan ke pasaran atau memang masih percobaan. Cuma anda sendiri yang tahu jawabanya dengan mencoba sendiri OS versi 5 ini. Bagi saya sih setelah saya upgrade menggunakan OS V 5.0 tidak ada masalah, sekarang masalah HP lemot sudah hilang.


Nah silahkan dibaca dan difahami langkah-langkah upgrade OS nya, caranya adalah sebagai berikut:
  • Download OS yang sesuai dengan handset anda, untuk download OS nya bisa cari di mbah google atau download di sini . Silahkan cari di group Asia Pacific, pilih sesuai operator Indonesia, yang baru tersedia operator XL, Indosat dan Telkomsel.
  • Setelah download, Install OS ke PC yang akan diupgrade ke PC. Restart PC anda.
  • Hapus vendor.xml di drive C:program files\common files\research in motion\app.loader. Silahkan cari file vendor.xml dan delete atau kalo ingin lebih gampang silahkan di search aja vendor.xml
  • Back up data handheld Blackberry ke PC atau laptop dengan Blackberry Desktop Manager.
  • Wipe handheld, untuk cara wipe dan fungsi dari wipe silahkan klik di sini
  • Nyalakan desktop manager, sambungkan Blackberry ke PC/laptop anda. Desktop manager akan otomatis detect untuk synchronize data, lalu akan otomatis check for updates yang muncul OS versi terbaru sebagai updates/upgrade dan selanjutnya silahkan Ikut petunjuk. Apabila OS baru tidak terdetect silahkan coba masuk ke menu application loader pada Desktop manager dan pilih menu Update Software. Desktop manager akan melakukan pengecekan, di sana akan muncul OS V 5.0 silahkan checklist dan ikuti petunjuk selanjutnya. restart lagi PC dan restart desktop manager dan coba kembali langkah tadi.
  • Apabila dengan application loader masih muncul keterangan no update available silahkan silahkan tutup desktop manager dan masuk ke tempat hapus vendor.xml sebelumnya di drive C:program files\common files\research in motion\app.loader
  • Klik loader.exe dan ikuti petunjuk selanjutnya. Tunggu sampai benar-benar nyala dan booting sampai dengan home screen. Jangan cabut kabel atau mainin kabel data. Setelah OS telah diupdate, anda harus setting kembali, time, emails account settings dll.
Masalah yang pernah saya alami pada saat instal OS ini adalah pada saat restore data (di step terakhin install OS), ketika restore data keterangan di aplikasi nya itu loading terus dan tidak selesai-selesai. Akhirnya saya memutuskan untuk cabut kabel USB dari PC ke Handset, resikonya restore data gagal. Tapi jangan takut kan sebelumnya kita sudah backup Blackberry menggunakan desktop manager. Nah untuk meneruskan restore data yang gagal silahkan restore data menggunakan dekstop manager.

Download and Install is your Own Risk, tapi silahkan di coba daripada bayar orang lumayan bisa ngirit 150.000 - 200.000
Bagikan Artikel Ini :

8 comments:

  1. bro, nanya...
    kl gua pake sim card di luar 3 layanan tersebut, bisa ga update dengan yg itu???
    gua kan pake AXIS, n yg AXIS, ga ada seri 5, boleh ambil dr yg laen ga??

    BalasHapus
  2. Boleh mas.. kan operatornya dah di netralin itulah fungsinya ngehapus file vendor.xml di C:program files\common files\research in motion\app.loader

    fungsinya biar settingan bawaan dari operatornya ga terinstall di BB kita

    BalasHapus
  3. koq gue update 8900 ke OS 5 ga bisa2 ya? udah jalanin semua cara diatas tetep ga detect OS 5-nya.

    for info, PC pake win7 ultimate 64bit.

    BalasHapus
  4. To Vico:

    kalo desktop manager masih muncul keterangan no update available silahkan silahkan tutup desktop manager dan masuk ke tempat hapus vendor.xml sebelumnya di drive C:program files\common files\research in motion\app.loader
    Klik loader.exe dan ikuti petunjuk selanjutnya.

    BalasHapus
  5. itu tepatnya versi 5 nya versi 5 brp y?
    contoh: 5.?.?.???
    terima kasih

    BalasHapus
  6. Itu bebas mau versi 5 berapanya juga mas, untuk OS yang terbaru sekarang tidak perlu hapus verdor.xml nya karena OS sekarang udah ada versi operator indonesianya. Jadi step yang ini bisa di lewat:

    Hapus vendor.xml di drive C:program files\common files\research in motion\app.loader. Silahkan cari file vendor.xml dan delete atau kalo ingin lebih gampang silahkan di search aja vendor.xml

    tp pastikan mas download OS nya sesuai operator yang mas pake

    BalasHapus
  7. ko gua sampe sekarang engga bisa bisa ya? loading nya lama banget udah sejam lewat

    BalasHapus

Silahkan kirim komentar dengan bijak, tidak mengandung unsur SARA dan SPAM, komen akan di MODERASI terlebih dahulu

IconIconIconIconFollow Me on Pinterest
 
Support : Nomorcantikmu.com | Blog Motekar | Dayeuhluhur Page
Copyright © 2013. Dayeuhluhur Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger