Home » » Acara "Ngarumat Lembur" Dayeuhluhur On Facebook (DOF) di Curug Cimandaway

Acara "Ngarumat Lembur" Dayeuhluhur On Facebook (DOF) di Curug Cimandaway

Written By Anto TRD on Selasa, 30 Maret 2010 | 10.17

Mungkin telat saya posting sekarang karena acara Ngarumat Lembur Dayeuhluhur On Facebook (DOF) di Curug Cimandaway dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2010. Acara Ngarumat Lembur Dayeuhluhur On Facebook ini berawal dari sebuah diskusi yang ada di group Dayeuhluhur On Facebook (DOF) yang bertema Pariwisata di Dayeuhluhur Kembangkeun, nah dari situlah muncul ide untuk mengadakan silaturahmi antara warga dan member Dayeuhluhur On Facebook (DOF). Pemilihan tempat di Curug Cimandaway ini berdasarkan pertimbangan bahwa Curug Cimandaway memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi sebuah objek wisata. Setelah ditentukan Curug Cimandaway yang akan dijadikan tempat untuk dilaksanakan acara silaturahmi tersebut maka dari sebagian anggota Dayeuhluhur On Facebook (DOF) mengadakan rapat untuk pembentukan panitia dan persiapan acara. Rapat dilakukan di message Facebook antara saya, kang Hanum Sujana, Abah Endom Kustomo dan kang Soleh Muttaqin, sebuah rapat yang aneh karena seluruh rapat kita lakukan hanya di message Facebook. Hal tersebut karena letak kami berjauhan, saya dan kang Hanum Sujana tinggal di Bandung, Abah endom di Purwokerto dan kang Soleh Muttaqin sendiri ada di Dayeuhluhur. Tapi alhamdullilah dengan segala keterbatasan yang ada kami bisa mempersiapkan semuanya. Susunan panitia Ngarumat lembur Curug Cimandaway ini antara lain:

  • Ketua Panitia : Endom Kustomo (Purwokerto)—asli Panulisan
  • Wakil Ketua : Hanum Sujana (Bandung)—asli Hanum
  • Bendahara : Dede Husen Utoyo (Hanum)—asli Hanum
  • Sekretaris : Anto Tardo (Bandung)—asli Panulisan
  • Humas & Publikasi : Soleh Muttaqin (Dayeuhluhur)—asli Dayeuhluhur
Ini adalah foto panitia Ngarumat Lembur DOF:


Berikut detail acara Ngarumat Lembur yang telah dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2010:
  • 08.30-09.00 : Para peserta kumpul di SMA N 1 Dayeuhluhur
  • 09.00-09.30 : Para perserta berangkat menuju Curug Cimandawai di Desa Datar Dayeuhluhur.
  • 09.30-11.00 : Persiapan acara Ngarumat Lembur
  • 11.00-12.00 : Pembukaan acara yang dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang terdiri dari: 
  1. Sambutan pengurus DOF yang diwakili bapak Hanum Sujana.
  2. Sambutan dari Kepala Desa Datar bapak Sumar
  3. Sambutan dari perwakilan Disbudpar Cilacap
  • 12.00-13.00 : Istirahat, solat dan makan
  • 13.00-15.00 : Hiburan
  • 15.00-16.00 : Door prize dan diskusi antara anggota Dayeuhluhur On Facebook dan para pengunjung. Moderator dibawakan oleh bapak Hanum Sujana dan sebagai narasumber adalah Kepala Desa Datar bapak Sumar dan perwakilan dari Disbudpar Cilacap. Diskusi ini bertemakan “Pengembangan Curug Cimandaway sebagai Objek Wisata”. Diskusi ini intinya membahas bagaimana langkah-langkah atau cara yang akan diambil untuk mengembangkan potensi Curug Cimanday yang akan dijadikan salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Cilacap.
  • 16.00 : Doa dan penutup.
Dalam acara ini para warga sangat berantusias sekali, hal ini terbukti dengan persiapan mereka membersihkan lokasi Curug Cimandaway. Pada awalnya acara ini bermaksud untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan Curug Cimandaway tapi karena sebelumnya warga Desa Datar telah membersihkan lokasi maka acara kerja bakti tidak dilaksanakan. Kami sebagai panitia sangat berterima kasih sekali kepada warga dan kepala desa Datar yaitu Bapak Sumar karena tanpa dorongan mereka tidak mungkin acara ini bisa terlaksana. Berikut ini foto persiapan warga desa datar:

Menurut kepala desa Datar, Curug Cimandaway ini sekitar tahun 1999-2002 ramai dikunjungi oleh warga, tapi karena kurangnya perawatan dan perhatian dari pemerintah maka Curug Cimandaway ini terbengkalai. Mudah-mudahan dengan adanya acara ini Curug Cimandaway akan berkembang kembali seperti dulu. Dan menurut kepala desa Datar bapak Sumar, beliau sudah mengajukan proposal ke Kabupaten Cilacap untuk pengaspalan jalan menuju Curug Cimandaway tersebut yang memang jalanya sangat rusak sekali. Pengaspalan jalan tersebut akan dilaksanakan pada bulan Mei 2010. Mudah-mudahan dengan jalan yang bagus maka akan meningkatkan minat warga untuk berkunjung ke Curug Cimandaway.

Lokasi Curug Cimandaway ini memang lumayan jauh yaitu sekitar 20 km dari jalan provinsi (Mergosari atau Warung Batok), dengan perjalanan menanjak dan berliku ke arah kecamatan Dayeuhluhur maka dibutuhkan waktu sekitar satu jam dari jalan provinsi menggunakan sepeda motor untuk sampai ke lokasi. Hal ini mungkin yang mengurangi minat warga untuk datang ke sana. Tapi anda tidak akan kecewa setelah datang ke sana, karena memang tempatnya sangat indah. Berlatarkan suasana pedesaan dan berada di tengah perkebunan pinus, Curug Cimandawai ini sangat pas sekali tempat ini untuk digunakan melepas lelah. Berikut sebagian foto dari Curug Cimandaway:

Curug Cimandaway[Klik Show] :



Saya lagi berfoto di dekat Curug Cimandaway:


Usaha Pengibaran Sepanduk di bawah Curug Cimandaway:


View dari bawah Curug:


View dari arah bukit:


View dari bawah Curug:





Mudah-mudahan dengan adanya acara Ngarumat Lembur di Curug Cumandaway ini menjadi titik tolak pengembangan pariwisata di Kecamatan Dayeuhluhur dan dapat menarik minat wisatawan yang ada di sekitar Dayeuhluhur
Bagikan Artikel Ini :

16 comments:

  1. punten, kopi paste kanggo ditempel di blog

    BalasHapus
  2. mangga kang kopas saja.... ieu teh kang nur andi nu ngadamel dayeuhlihur.com sanes???

    BalasHapus
  3. Wah..tos lami pisan teu ka cimandawey...

    oh ya..salam kenal kang anto, ti Gugum

    BalasHapus
  4. Hatur nuhun pisan kang gugum kana kunjungana... salam kenal ti abdi. Kang gugum ti dayeuhna ti palih mana???

    BalasHapus
  5. Sami2 kang anto, nuhun oge tos berkunjung ka blog abi,..

    abi ti dayeuh na, caket kecamatan...kang anto ti palih mana linggih na?

    hm..eta hu janteun humas&publikasi pa sholeh penjaga sma dayeuh sanes?

    BalasHapus
  6. Abdi ti cimanggeng 1 kang. Sumuhun eta kang Soleh SMA Dayeuh. Kang Gugum kenal?

    BalasHapus
  7. Muhun kenal, tatanggi tapi benten RT..

    BalasHapus
  8. Permisi... Saya tahun 97/98 pernah KKN di desa datar dari unsoed purwokerto... Cimandaway memang bener2 indah... Tapi jalan dari kecanatan apakah sudah bagus menuju datar? Apa listrik juga sudah sampai di datar? Hehehe... Boleh kan nanya... Maklum udah belasan tahun desa tercinta itu kutinggalkan... Makasih pak moderator... Salam kenal, mirza andreas

    BalasHapus
  9. Salam kenal mas Mirza. Sekarang alhamdulillah mas kalo jalan di datar sudah bagus cuma kalo ke curug cimandawaynya masih jelek, jalan pas mau sampai ke Curugnya masih jalan berbatu dan kesananyan masih tanah. Kalo listrik dah lama masuk ke sana mas..

    BalasHapus
  10. waduh makasih banget mas anto atas infonya... langsung cepet dijawab lagi... saya bener2 sudah kangen mau nengok desa datar kayak apa sekarang suasananya... kalau dulu waktu 1997, jalan menuju datar dari kecamatan hancur banget... harus naik truk pula... senang rasanya kalau tahu sudah bagus jalannya sekarang... apalagi listrik sudah masuk... kalau dulu mah kita pakai baralak mas. kalo malam banyak peri katanya hehehe... mas anto, kalau boleh saya mau minta tolong... mas anto punya ngga kenalan/teman/saudara di desa datar yang rumahnya sekitar balai desa... karena waktu itu saya KKN dua bulan tinggal di rumah di belakang balai desa... saya bener2 udah kangen banget sama desa itu mas... bayangin mas, hidup dua bulan di sana, sudah seperti kampung halaman sendiri... kalo malam gelap gulita tanpa listrik jadi harus ngendong... kalo mau mandi ka cai... kalo mau pulang ka bumi... aduh kangen banget rasanya... makasih banget ya mas anto atas infonya... oh ya mas, kalau mas anto berkenan, add saya ada di FB: mirzandreas@yahoo.com

    BalasHapus
  11. Udah di add FB nya mas.. wah feed back ke 13 tahun yang lalu, sekarangmah dah maju. jalan dari Kecamatan ke arah hanum/datar dah di Hotmix. Paling saya taunya ke Kades Datar aja, kebetulan pas acara kemaren YBS yang bantu ngadain acaranya. Ntar saya nanya ke yang lain siapa tau ada no tlpnya. Ntar saya message di FB aja mas

    BalasHapus
  12. salam kenal kang, simkuring putra tasik. parantos 3 usum pare ngariung sareng pun lanceuk di dayeuh luhur, mung sanes di Datar na. di Ciparahu na simkuring mah. cakeut lah rorompok mah sareng pa kuwu.
    basa dinten ahad ping 10 okt, Alhamdulillah aya kasempetan nincakeun dampal sampean di lokasi curug cimandaway. langsung posting tah di http://mutiary.wordpress.com/cimandawey/ . ari sugan teh Cimandawey nami curug nateh. ari heg Cimandaway... ... lepat atuh nya simkuring teh.
    hapunten na wae atuh nya. insyaAlloh di gentos ari tos terang kitu mah.
    mangga atuh kang, hatur nuhun kasadayana.....
    salam kenal
    http://www.facebook.com/karim.aulia

    BalasHapus
  13. da masyarakant mah nyebatna/ngalafalkeuna cimandawey kang sanes cimandaway, abdige nembe terang namina cimandaway teh pas aya acara kamari. hatur nuhun pisan kunjungana ka blog abdi kang

    BalasHapus
  14. parantos digentos

    http://mutiary.wordpress.com/cimandaway/

    mangga di pihaturanan linggih.

    BalasHapus
  15. Ada Rencana tambahin alat outbond tidak kk ?

    BalasHapus

Silahkan kirim komentar dengan bijak, tidak mengandung unsur SARA dan SPAM, komen akan di MODERASI terlebih dahulu

IconIconIconIconFollow Me on Pinterest
 
Support : Nomorcantikmu.com | Blog Motekar | Dayeuhluhur Page
Copyright © 2013. Dayeuhluhur Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger