Home » » Debat Antara Yg Percaya Tuhan Vs yg Tidak Percaya Tuhan

Debat Antara Yg Percaya Tuhan Vs yg Tidak Percaya Tuhan

Written By Anto TRD on Kamis, 04 Februari 2010 | 01.19

Debat ini saya temukan di salah satu wall Facebook teman saya, kebetulan pas waktu itu saya buka wall temen saya dan menemukan wall post dari salah satu temenya temen saya yang isinya:

Bisakah Tuhan [Yang Maha Kuasa] menciptakan batu yang Dia sendiri tidak bisa angkat?

Karena penasaran saya buka wall tersebut dan di sana sudah banyak komen yang muncul, untuk lebih jelasnya ini isi dari debat tersebut:
Sebelumnya untuk nama saya tidak munculkan semuanya untuk menjaga kerahasiaan account FB yang komen disini
Reza : Bisakah Tuhan [Yang Maha Kuasa] menciptakan batu yang Dia sendiri tidak bisa angkat?

Teten : Yaaaa Loo lowbath tuh otak!!! masa Tuhan cape2 ciptakan Samson, FlashGordon, SilverHawk, Hulk, Spiderman, dan Wiro beserta Pangeran Matahari, cukup mereka aja yang angkat2 batumah!!??

Reza: Yaa artinya Tuhan perlu bantuan dong...

Teten : Bukan lo Tahu kalau batu di ciptakan bukan buat diangkat2 memangnya Tuhan atlit angkat besi?? Tuhan ya Tuhan batu mah bagian kecil dari-Nya...nAH gw jadi mau tanya dulu ma lo..sebelum lo tanya gw kenapa Tuhan gak bisa angkat batu berati ada bukti empiriknya...?? nah klo ada,...gue jawab...lu cukup jawab yes or not!


Reza : Yaa.. makin parah.. Ada dua preposisi...
1. Tuhan Maha Kuasa menciptakan batu
2. Tuhan Maha Kuasa tidak bisa angkat batu
Simple logic... Ayo jawab... udah gue kasih kuncinya tuuh

Teten :waaaaalllaaaaaahh?? kau nih kaya mencari sayap ular aja!!!

Reza: Ada dua kemungkinan jawaban dari pertanyaan tersebut, yaitu:

1. Ya…Tuhan mampu menciptakan batu itu.
Kalau jawaban kita Tuhan mampu menciptakan batu itu yang jadi masalah adalah ketika batu itu sudah jadi dan Tuhan tidak mampu mengangkat batu itu. Tuhan
kan Maha segalanya termasuk juga Maha Mampu, jadi aneh kalau Tuhan mampu menciptakan batu tapi tidak mampu mengangkat batu (yang notabene adalah ciptaan-Nya sendiri).
2. Tuhan tidak mampu menciptakan batu itu.
Ini akan lebih aneh lagi jika kita jawab Tuhan tidak mampu menciptakan batu itu. Lha kalau menciptakan batu itu saja Tuhan sudah tidak mampu apalagi untuk mengangkatnya. Jadi jika kita pilih jawaban yang kedua ini, terlihat bahwa Tuhan memiliki dua ketidakmampuan (menciptakan batu dan mengangkat batu). Maka konklusinya... Pertanyaan tsb SALAH.. Ngapain dipikirin
9 hours ago

Teten : Bagiimana mungkin menjelaskan "sesuatu" yang tidak memiliki dimensi panjang (p) x lebar (l) x tinggi (t) dengan sesuatu yang memiliki dimensi panjang (p) x lebar (l) x tinggi (t)???
Bagaimana Menurut, Anda?

Reza :Weleh.... makin ngaco neh

MUNGKIN BANGET... Misalnya.. hubungan antara TURBIN dan GENERATOR dan ARUS LISTRIK... Turbin itu punya dimensi.. Generator punya Dimensi.. tapi apakah MAGNET dan LISTRI punya dimensi... Toh, SAINS telah mampu menjelaskannya...

Robert : ikutan dunkkk....Tuhan itu Jesus bukan???

Robert : woyy mane nih pilsup2nyeee...

Reza : Robert : Huahaha... Emang YESUS doang yang TUHAN... Mulai dari peradaban Sumeria Tuhannya Baal, trus Mesir KUNO.. AMON RA, Anubis CS terus Di Persia Kuno namanya AHURA MAZDA dan AHURA MAINU.. Trus di China Kuno.. Dewi Kwam Im... TUHAN punya banyak nama... Tapi ntar dulu YESUS juga manusia... Sebab dia baru jadi Tuhan saat Konsili Nicea tahun 325 Masehi... Liat di Davinci Code-nya Dan Brown... peace Bro... Just for Sciene

Wan :pada ngomong tuhan sy nimbrung, gots ist tot alias god is dead atawa tuhan sudah almarhum...sekarang bagkainya ada di tong sampah pasar kosambi...siapun boleh mengklaim tuhan tersebut

Reza : KONSEP TUHAN MENURUT ARISTOTELES : Menurut Aristoteles, dalam proses perubahan yang bergerak dari materi menuju forma, mengandaikan adanya forma terakhir yang tidak dapat “dikeruhkan” lagi dengan materi (tidak dapat menjadi materi yang baru). Inilah forma terakhir (actus purus). Kalau demikian halnya, maka harus ada pula penggerak pertama yang tidak digerakkan. Penggerak pertama itu adalah forma yang tak bermateri; tujuan tertinggi yang menyebabkan semua gerak.
Boleh disimpulkan bahwa seluruh kenyataan bergerak antara dua kutub abstrak yaitu materi yang tak berbentuk dan forma yang tak bermateri. Di sinilah kita dapat menyebutnya Tuhan. Tuhan ini tidak bermateri, hanya kenyataan atau realitas saja. Ia juga roh murni (nous); pikiran semata. Ia tidak dapat memikirkan dunia; hanya memikirkan dirinya sendiri. Dan ia puas dengan dirinya sendiri, tidak memiliki hubungan sama sekali dengan dunia. Aristoteles sama sekali tidak mengenal Tuhan yang menciptakan langit dan bumi. Tuhannya adalah Tuhan para filsuf dan bukan Tuhannya Abraham, dan sebagainya.

Reza : Kang Wawan : Got is tot huahahahahaha Friedrich Nietzsche banget lu...

Robert : waduhh maaksih dah di aku... jadi gmn nih ada masalh ape dgn batu yang tak terangkat ituu..? liat di video klip mane tuhan ga iso angkat batuu??

Wan : barusan nietzsche datang ke kantor katanya ada perdebatan imajiner....antara p teten dan p reza
8 hours ago

Wan : teruskan permainan logika ini...karena itu akan menambah cakrawala tentang tuhan dan Tuhan

Anto : wah ada yang aneh nim diskusi ini...
To reza: yang mu saya tanya... situ agamanya apa?? masih beragama ato engga?
Kalo Tuhan dihubungkan dengan Batu sampai kiamat juga ga bakalan nyambung. Kalo konsep tuhan itu dihubungkan dengan batu, apalagi dihubungkan dengan Tuhan bisa ngangkat batu ga akan ada ujung nya mas..
konsep Tuhan itu berhubungan dengan kepercayaan kita, kalo kita percaya sama Tuhan pasti kita akan percaya sama kekuasaa-Nya.
kalo kita ga percaya sama Tuhan ya kaya gini akhirnya, orang memikirkan hal yang aneh2 yang seharusnya ga perlu dipikirkan oleh seseorang yang pecaya terhadap Tuhan..
Gini aja.. kalo saya percaya kepada Tuhan yang mampu segalanya.. jangangkan ngangkat batu, tsunami juga bisa terjadi atas kehendak-Nya. tapi kalo anda ga percaya pasti ujung2nya dihubungkan dengan sciene dengan mengabaikan kekuasaan Tuhan karena anda berpegang pada teori yang dibuat oleh manusia itu sendiri...
8 hours ago ·

Teten : Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang luar biasa, kita harus menghargai setiap keingintahuan yang muncul. Dan jangan terus merasa puas. Kita tidak boleh merendahkan setiap pertanyaan karena jawabannya bisa mendewasakan kita.
Yang jelas pertanyaan dasar ini sudah ditanyakan bukan anak SD namun orang-orang bijaksana sejak jaman purbakala. Mulai dari ahli filsafat Islam, sampai Yahudi terus bertanya siapa Tuhan itu.... Tapi....banyak tapi nya untuk menjawab ini...Tuhan maha Kuasa dan Tidak berdasarkan hitungan matematik, karena Tuhan di lampirkan bukan di otak tapi di hati dia bersemayam.....

Royen : ckckckcckck

Reza : Lihatlah, aku mengajarkan Übermensch kepadamu. Übermensch adalah makna dunia ini. Biarkanlah kehendakmu berseru. Hendaknya Übermensch menjadi makna dunia ini. (Also Sprach Zarathustra, Nietsche)

Robert :Tuhan itu Hantu....

Reza : Anto Hood : Aku benci TUHAN yg tidak bisa di dekati oleh akal ku....

Reza :Anto Hood : bagaimana mungkin orang disuruh dengan sukarela untuk percaya pada Tuhan ada, kalau tidak boleh memikirkan kemungkinan benarnya “kepercayaan” bahwa Tuhan tidak ada? Jadi kalo mau percaya TUHAN itu ADA maka harus juga dipikirkan kalo TUHAN TIDAK ADA... Tinggal mana yangh terbukti...
1. TUHAN ADA, atau
2. TUHAN TIDAK ADA
utk sampai pd kesimpulan maka diperlukan AKAL....

Teten : Ingat lah Pada Pancasila sila pertama aja ketuhanan yang maha esa...hanya rakyat indoneisa yang boleh memberikan koment disini..artinya bila bukan orang indonesia, tidak dipersilahkan untuk menulis di sini..."Tuhan itu dekat..malah lebih dekat dengan urat nadimu!!".... bila tidak percaya pada tuhan artinya lo gak punya urat nadi, mungkin mayat??

Anto : Teten: good answer bro.. itu datang dari hati kita yang percaya terhadap-Nya
Reza: wah kalo dah gini ga bakalan nyambung bro sampai kapanpun, situ percayanya sama teori manusia. Jadi kalo sdah tidak percaya sama Tuhan ngapain anda menanyakan pertanyaan tersebut terhadap orang yang percaya terhadap tuhan. Mungkin ada bisa berdiskusi langsung dengan sesama yang tidak percaya tuhan, nah silahkan anda pikirkan tuhan berasarkan teori yang anda anut

Reza : Anto Hood : Saya memang ngga percaya TUHAN... Sebab TIADA TUHAN...... Nah, skrg saya tanya dulu.. Dalam Bahasa Arab.. TUHAN itu disebut apa?

Muliawan : wah rame uy ikutan ah ... tema nya TUHAN ya ..

Anto : Di sebut Allah bro.. knp? jangan tanya saya Tuhan dalam bahasa cina ya, coz ga tau uy

Royen : anjrit luuuuuuuuuuu....g warassssssssssssss

Teten : Tuhan adalah persepsi...ini memang ambigu tapi itulah real...Dialah penjawab semua anggapan mahluknya...Tuhan itu ada untuk orang yang menganggap ada dan tidak ada bila yang menganggap tidak ada...ingat ibrahim bertahun2 dalam pencarian pembuktian apa Tuhan sampai2 Dia menganggap matahari adalah Tuhan... maka dari itu hanya yang gugup dan autis bila masih menanyakan Tuhan..karena telah banyak referensi Tuhan...kita telah di manja untuk bisa mendapatkan informasi mengenai Tuhan....Maha besar tuhan bagi mahluknya....

Royen : saraffffffffffffffffffffffffffff....ini fb bukn tpt ibdah

Robert : Tuhan tidak bisa menahan tante gua pergi ke vietnam pagi ini... jadi itulah kehendaknya... cause if one day you wake up and find your missing me. And your heart starts to wonder where on this earth I could be. Thinkin maybe you'll come back here to the place that we'd meet. And you'll see me waiting for you on the corner of thecafe....

Teten :@ Robert : lu nyusul aja ke vietnam kan bisa ketemu Rambo...dia disana lagi penyisiran kmer merah...lumayan lu bisa jadi Call center kmer merah...gajinya gede lho...

Reza :Mas teten : walah kok Tuhan persepsi.... Persepsi adalah proses pemahaman ataupun pemberian makna atas suatu informasi terhadap stimulus. Stimulus didapat dari proses penginderaan terhadap objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan antar gejala yang selanjutnya diproses oleh otak. Proses kognisi dimulai dari persepsi. jadi kalo TUHAN itu persepsi, maka
1. TUHAN berasal dari pemahaman terhadap informasi (mungkin verita guru Agama jalii yee)
2. PEMAHAMAN TUHAN berasal proses PENGINDRAAN thd OBJEK.. walah.. kok TUHAN bisa di tangkap PANCA INDRA.. Artinya Tuhan itu berada dalam Rambat Gelombang yg bisa tangkap oleh MATA.. Bisa di dengar dr rentang Frekwensi yg bisa di dengar 20Hz sampai 20KHz.. Ngga Mungkin banget TUHAN bisa ditangkap oleh PANCA INDERA... Sehingga SAYA MENOLAK TUHAN spt INI..

Reza :Robert : Kehendak TUHAN..?? Apakah kita masuk Surga dan Neraka merupakan KEHENDAK TUHAN??? Ih.. ngga mau deh punya TUHAN yg diktator gitu..

Teten : @ Erwin : ya ayam dulu, kalo pertanyaannya: Ayam dulu atau telor dulu. klo sebaliknya yang di tanyakan tinggal di balik....

Reza :Muliawan : Yee.. Paradok tuh.. bukan pertanyaan hehehehe

Reza : Kang Wawan : Boleh ngga nanti punya BAYI dikasih nama TUHAN???

Reza : Gak ada yg bisa jawab neh... BUAT PR yaaah.. besok dikumpulin.... hehehehe. Add gw kalo mau ngobrol lebih lanjut... See u

Teten : @ reza : Tidurlah bila lo besok masih mau ngobro ttg inil, kita obrolin di tempat kerja...

Robert : bro reza.. smua masuk surga koq. ga da yg keneraka. dan bukan kehendak tuhan si lontong itu... kalo lo percaya ada itu.. ya itu kehendak lo sendri mo masuk mana..kalo lo idup di dunia ini lo yg nentuin bukan tuhan.. yg pasti Tuhan ntu bae.. gua 'kimpo'i tiap hari jg di ijinin..tanggung jwb aje sm org sekitar...

Muliawan : 2Reza: paradok kan manusia2 yg buat juga istilah itu .... dan pasti ente ngeles dengan semua penjelasan yg manusia buat karena TUHAN ato apapun disebutnya tidak pernah bisa dijelaskan sec ilmiah ato apa pun ... klo pertanyaan saya paradok trus ini apa > Bisakah Tuhan [Yang Maha Kuasa] menciptakan batu yang Dia sendiri tidak bisa angkat? trus klo pas jaman nabi dinosaurus pd kemana ?? ... add ?? sanes waktosna kang ... icuk cole deui weh ahh ...
2teten : uyuhan pa ten damel sareng nu kieu .. hehehe ... damang pa ten ? slm k keluarga nya, punten ah ngiring raramean , hehehe
2Robert : amiin lah , kapan kita futsal lg bro ??

Gandita : @ reza : kalo selama ini reza dapet nafas kehidupan dr mana dong ?
Berikut capture facebooknya, untuk nama sebagian saya hilangkan untuk menjaga prifacy user FB nya. Untuk memperbesar gambarnya, silahkan klik fotonya.

Picture[Capture Facebook] :

[

]

Silahkan ambil hikmah dari diskusi di atas.


Bagikan Artikel Ini :

10 comments:

  1. Bagi anda yang mau komen tp tidak punya account Google/Gmail silahkan pilih ANONYMOUS

    BalasHapus
  2. ya ampuun...ini bukti orang yg kegilas ama jaman. Padahal dah dikasih bukti Firaun yg menganggap diri Tuhan, Qarun yg ga percaya lagi ama Tuhan nganggap dirinya serba cukup, Kaum Ad, Kaum Tsamud, tp msh aja manusia tuh bengal persis kayak di Q.S Al-adiyat "sesungguhnya manusia itu sangat ingkar kepada Tuhannya". Tapi yang pasti dan ini pasti terjadi, Buat Orang Kayak Reza, akan mengetahui jawaban tentang Tuhan ketika maut datang menjemput. Nauudzubillah

    BalasHapus
  3. Maaf link capture FB kemaren eror, blm saya update lg..

    BalasHapus
  4. sebenernya perintah Alloh sudah jelas dalam Qur'an..Kita disuruh jangan memikirkan zat Alloh karena memang tak akan mampu.
    Dan masalah hidayah itu juga urusan Alloh, maka bersyukurlah kita yang (merasa) telah diberi hidayah. Dan berdo'a buat yang belom.
    Ari embungeun mah antepkeun weh teu kudu dipaksa. Bari terus ngadu'a.
    Cag.

    BalasHapus
  5. Setuju banget mas, itu akibatnya orang yang sudah bepegang pada science jadi mikirnya terlalu jauh hehe

    BalasHapus
  6. sebenernya perintah Alloh sudah jelas dalam Qur'an..Kita disuruh jangan memikirkan zat Alloh karena memang tak akan mampu.
    Dan masalah hidayah itu juga urusan Alloh, maka bersyukurlah kita yang (merasa) telah diberi hidayah. Dan berdo'a buat yang belom.
    Ari embungeun mah antepkeun weh teu kudu dipaksa. Bari terus ngadu'a.
    Cag.

    BalasHapus
  7. atheis = gila..

    pertanyaan nya seperti ini...
    kenapa sebagian besar orang d dunia punya agama dan masing2 agama punya tuhan..???

    atheis kan minoritas bgt d dunia,,,

    nah kapanggih ayena mah saha nu gelo saha nu cageur..

    piss ah...
    ti sim kuring urg cisereh BLOK_M

    BalasHapus
  8. eta jelma atheis kolot na teu nyakolakeun agama meren nya...

    cing hayang nyaho eta kolotna boga agama teu??
    ataw nini aki na ???atawa buyut na??

    lamun paeh eta jelma d makamkeun make cara kumaha nya???
    islam,,,kristen???budha???
    atawa rek jiga anjing wae d kuburkeuna kubur koropes

    BalasHapus
  9. aneh tuh org...ga percaya tuhan tp ngomongin surga sama neraka...

    tuhan itu ghoib....nah surga sama neraka juga ga ada d dunia...

    buat apa ga percaya tuhan kalo msh ngomongin surga-neraka..

    kesimpulan ; atheis=idiot

    BalasHapus
  10. enya lur aneh pisan, teuing di jieuna tina naon eta jelma haha

    BalasHapus

Silahkan kirim komentar dengan bijak, tidak mengandung unsur SARA dan SPAM, komen akan di MODERASI terlebih dahulu

IconIconIconIconFollow Me on Pinterest
 
Support : Nomorcantikmu.com | Blog Motekar | Dayeuhluhur Page
Copyright © 2013. Dayeuhluhur Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger