Home » » Desa Panulisan Kecamatan Dayeuhluhur Cilacap Kampung Halamanku

Desa Panulisan Kecamatan Dayeuhluhur Cilacap Kampung Halamanku

Written By Anto TRD on Selasa, 01 Desember 2009 | 02.14

Kecamatan Dayeuhluhur adalah salah satu kecamatan dari 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Cilacap. Jumlah penduduk Kecamatan Dayeuhluhur adalah:
Laki-laki : 24.970
Perempuan : 25.249
Total : 50.219

Sumber : Daftar P4B menurut jenis kelamin tahun 2008 dari website kabupaten cilacap

Kecamatan Dayeuhluhur adalah salah satu kecamatan yang ada di Cilacap yang budayanya adalah budaya sunda. Sampai sekarang belum didapat keterangan yang pasti sejak kapan Kecamatan Dayeuhluhur ini didominasi oleh masyarakat Sunda. Kalau menurut pendapat saya Dayeuhluhur lebih pantas masuk ke Provinsi Jawa Barat. Namun karena letaknya ada di sebelah timur sungai Cijolang (Batas Jawa Barat dan Jawa Tengah) maka Kecamatan Dayeuhluhur masuk ke Kabupaten Cilacap. Kuatnya tradisi sunda di Kecamata Dayeuluhur ditandai dengan bahasa daerah yang digunakan sehari-hari yatu bahasa sunda dan karena seringnya interakasi dengan warga yang ada di Jawa Barat.

Untuk masalah interaksi dengan daerah di luar Dayeuhluhur, warga kebanyakan berinteraksi dengan warga Jawa Barat, hal ini dikarenakan masalah ekonomi. Warga Dayeuhluhur memiliki ketergantungan terhadap Kota Banjar dalam masalah pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. Sebagai contoh sebagian besar toko-toko dan warung yang ada di daerah saya (Cimanggeng) mengambil semua barang daganganya dari Banjar dan bukan itu saja, apabila warga menjual hasil bumi seperti padi, kelapa, pisang, buah-buahan dll 95% nya di jual ke Jawa Barat. Hal ini dipermudah dengan dekatnya akses dari Dayeuhluhur ke Kota Banjar yang cukup ditempuh 15 menit (dari Panulisan) dibandunkan jarak Dayeuhluhur ke Majenang yang bisa memakan waktu sekitar 1 jam, hal ini mungkin menjadi salah satu pertimbangan penduduk Dayeuhulur untuk masalah pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari.

Nah kalo domisili saya yaitu di Dusun Cimanggeng 1, Desa Panulisan Barat, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap. Lokasinya yaitu berada di paling ujung barat Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Jawa Barat tepatnya berbatasan langsung dengan Kota Banjar.

Nah seperti yang sudah dibahas sebelumnya di atas, Desa Panulisan Barat juga budaya mayoritas adalah sunda, dan mungkin bisa dikatakan Suku Sunda karena hampir keseluruhan aspek budaya di Kecamatan Dayeuhluhur adalah Budaya Sunda. Sebagai contoh bahasa, menggunakan bahasa sunda (meski bahasanya agak kasar), kemudian adat yang berlaku adalah adat sunda sebagai contoh dari pernikahan, sunatan dll. Di Desan Panulisan Barat Kecamatan Dayeuhluhur ini dalam melakukan komunikasi sehari-hari menggunakan bahasa sunda, dan sama sekali mereka tidak mengerti bahasa jawa meskipun dari letak geografis masuk ke Provinsi Jawa Tengah. Di daerah saya sebenarnya ada juga orang jawa, tapi biasanya mereka adalah warga pendatang bukan penduduk asli Desa Panulisan.

Jadi sebenarnya kita ini masuk suku mana ya? Kalo budaya, kita masuk ke sunda dan kalau letak geografis kita masuk ke Jawa Tengah. Itu sich terggantung dari penilaian diri masing-masing, untuk budaya tidak perlu di permasalahkan lah.. hehe.

Sumber: Baraya Sunda
Bagikan Artikel Ini :

11 comments:

  1. gimana khabar cimanggeng keep posting bro..

    BalasHapus
  2. Wanto: blm sempet pulang ke cimanggeng lg lur.. ntar lah pas saya cuti insya allah posting lg nyari bahan dulu hehe

    BalasHapus
  3. waduuuuuuh asa warara'as ningalian postingan ttg lembur di dunia maya...i like lah pokonamah..i love panulisan,ilove dayeuhluhur

    BalasHapus
  4. hatur nuhun kunjungana, sok atuh posting nguruskeun lembur we da loba bahaseun hehe

    BalasHapus
  5. abdi oge urang panulisan, urang ranjeng/neglasari , cakeut tanjakan kiuda

    BalasHapus
  6. abdi oge urang panulisan, urang ranjeng/neglasari , cakeut tanjakan kiuda

    BalasHapus
  7. hatur nuhun kunjungana kang :D

    BalasHapus
  8. Sae kang postingan na ...
    di tunggu postingan nu saterus na kang ..mantap kang,

    BalasHapus

Silahkan kirim komentar dengan bijak, tidak mengandung unsur SARA dan SPAM, komen akan di MODERASI terlebih dahulu

IconIconIconIconFollow Me on Pinterest
 
Support : Nomorcantikmu.com | Blog Motekar | Dayeuhluhur Page
Copyright © 2013. Dayeuhluhur Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger