Home » » Membuat Buku Tamu di Sidebar Blog

Membuat Buku Tamu di Sidebar Blog

Written By Anto TRD on Minggu, 16 Agustus 2009 | 05.37

Tips ini saya tulis berdasarkan referensi dari beberapa situs/blog yang saya baca sebelumnya. Ternyata memang banyak sekali ilmu yang bisa saya dapatkan di internet. Sekarang saya akan bahas tentang Buku Tamu/Shoutbox di Sidebar Blog anda.


Memasang sebuah buku tamu (shoutbox/guestbook) pada sebuah blog adalah hal yang cukup lumayan penting, karena buku tamu ini merupakan salah satu sarana untuk berinteraksi antara yang mpunya blog dengan para pengunjung blog. Dengan di pajangnya buku tamu di dalam blog, maka para pengunjung dapat mengungkapkan isi hatinya tentang blog yang anda buat, yang pasti isi dari sebuah buku tamu ini sangatlah bervariasi bisa merupakan pujian, pertanyaan, sekedar iseng, atau ada juga merupakan kritikan terhadap isi blog anda, dan justru dengan adanya variasi itulah membuat blog kita jadi hidup lebih hidu (kaya iklan aja).


Ok, terlalu lama intermezonya ya, sekarang kita kembali (ke lap...top) ke topik bahasan. Bagaimana caranya mendapatkan sebuah buku tamu. Untuk mendapatkannya sangat mudah, anda tinggal mencarinya pada mesin pencari semisal google ataupun yahoo, silahkan ketikan kata free shoutbox atau free guestbook pada search engine masing-masing situs, maka dalam beberapa detik saja akan muncul berpuluh-puluh situs penyedia buku tamu tadi, anda tinggal klik lalu coba lihat-lihat. Tapi untuk menghemat waktu pencarian anda, maka di sini saya akan langsung memberikan alamat situs penyedia buku tamu yang servernya lumayan bagus dan jarang sekali mengalami down yakni http://www.shoutmix.com. Untuk caranya silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini :


1. Anda harus daftar terlebih dahulu dengan cara klik tulisan CREATE SHOUTBOX. Setelah itu silahkan isi data-data yang diminta.


2. Jika sudah terdaftar, silahkan login dengan menggunakan user id anda.


3. Untuk melakukan pengaturan silahkan menu SETTING, nah disana sudah ada semua settingan yang diperlukan


4. Untuk mengubah tampilan silahkan itu terserah anda. Caranya pilih menu DISPLAY -> STYLE & COLORS. Anda bisa mengubah warna sesuai dengan kesukaan anda. untuk melihat hasil dari ditan warna kita silahkan klik preview. Setelah selesai jangan lupa save


5. Untuk menyesuaikan tanggal dan waktu silahkan masuk ke menu DISPLAY -> DATE & TIME. Sesuaikan dengan waktu Indonesia (+7)


6. Apabila sdh selesai semua settinganya kita masuk ke account awal kita untuk mendapatkan kode HTML-nya. Caranya masuk ke SETTING (paling atas).


7. Selanjutnya di kolom Quick Start pilih menu Get codes, nah atur dulu tinggi dan lebarnya. Kalau sudah selesai copy Generated Codes nya.


8. Masuk ke Blog kita dan login terlebih dahulu. Masuk ke menu layout pilih page element. Ubtuk memasukan Generated Code nya tadi kita memerlukan Gadget tambahan yaitu Gadget HTML/JavaScript. Kalo yang belum ada silahkan tambahkan dulu gadgetnya dengan cara pilih menu Add gadget dan pilih HTML/JavaScript. Anda tinggal memasukan judulnya dan Paste Generated Codes nya tadi dan save.


Silahkan untuk lebih jelas anda bisa mempraktekanya.. Semoga bermanfaat
Bagikan Artikel Ini :

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan kirim komentar dengan bijak, tidak mengandung unsur SARA dan SPAM, komen akan di MODERASI terlebih dahulu

IconIconIconIconFollow Me on Pinterest
 
Support : Nomorcantikmu.com | Blog Motekar | Dayeuhluhur Page
Copyright © 2013. Dayeuhluhur Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger