Home » » Hukum Mandi Besar Menjelang Shaum

Hukum Mandi Besar Menjelang Shaum

Written By Anto TRD on Senin, 17 Agustus 2009 | 12.39

Hari ini saya baca Tabloid Al-Hikmah edisi Agustus 2009 halaman 11. Setelah baca artikel dalam bentuk tanya jawab tersebut saya baru tahu tentang hukum mandi besar menjelang shaum. Untuk mandi besar sebelum puasa ini sering sekali dilakukan oleh semua umat muslim karena memang untuk mandi besar tersebut sudah menjadi kebiasaan, yang tujuanya untuk bersuci.

Nah sekarang apa hukumnya mandi besar menjelang shaum. Ternyata untuk mandi besar sebelum puasa itu memang tidak diwajibkan dan tidak ada hukumnya harus bersuci dengan mandi besar. Dalam keadaan junub pun tidak masalah kita melaksanakan puasa. Ketika ada sepasang suami-istri di bulan Ramadhan tidak sempat wajib padahal adzan subuh sudah berkumandang itu sah-sah saja. Karena kewajiban bersuci dari hadas besar dalam hal di atas ditujukan bukan untuk shaumnya, melainkan untuk shalatnya. Hal tersebut diperkuat dari hadist Aisyah. Istri Rasul tersebut pernah mengatakan:

"Malam itu Rasul bersamaku. Ketika adzan subuh dikumangdangkan Bilal, aku tahu persis Rasul belum junub"

Hadist tersebut memperkuat bahwa ibadah shaum tak perlu suci dari hadas kecil dan besar. Jadi apabila ini dijadikan ketentuan, itu salah karena kita membuat aturan baru dalam agama, yang merupakan sebuah bid'ah. walaupun baik kita tidak bisa menjadikan sebagai ketentuan. yang baik itu sudah ditetapkan Allah SWT dan dicontohkan oleh Rasul-Nya.

Dikutip dari Tabloid Al-Hikmah edisi Agustus 2009 halaman 11
sumber online: http://www.alhikmahonline.com/content/view/596/29/
Bagikan Artikel Ini :

2 comments:

Silahkan kirim komentar dengan bijak, tidak mengandung unsur SARA dan SPAM, komen akan di MODERASI terlebih dahulu

IconIconIconIconFollow Me on Pinterest
 
Support : Nomorcantikmu.com | Blog Motekar | Dayeuhluhur Page
Copyright © 2013. Dayeuhluhur Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger